Jadi ada satu plot.

Teman saya, Yogi, sedang jalan-jalan dengan pacarnya. Tiba-tiba, dengan timing yang luar biasa edan, mata si wanita melotot ke arah Yogi.

"Kenapa, Yang?" Tanya teman saya.

"Enggak." Jawab sang calon istri.

"Oke."

"Ih dasar. Bilang aja kalo udah gak sayang mah." Sang Ratu sewot, dan langsung menghilang. Si Yogi, karena belum paham apa yang sebenarnya terjadi, hanya bisa bengong dan berdarah.

* * *

Beberapa hari kemudian, dia curhat masalah ini ke saya dan teman-teman yang lain saat kita sedang nongkrong di luar. Kita mendengarkan keluh-kesahnya dengan seksama. "Nah, itu teh seni wanita berbicara tanpa berbicara," kata Saya. "Ribet emang, cees."

Seni Berbicara Tanpa Berbicara (SBTB) sudah lama menjadi sumber ketakutan umat manusia, khususnya bagi kaum pria. Saya jadi ingat saat dulu kuliah, saya dan kawan-kawan sedang bercanda di kelas sambil menunggu dosen, dan secara tiba-tiba, salah satu teman wanita kami menangis. Suasana sempat hening sebelum akhirnya dia lari menuju toilet.

"Dia kenapa?" Tanya saya ke Anggita, salah satu teman kelas saya juga.

"Dia lagi berantem sama pacarnya, terus ada masalah sama keluarganya, terus adiknya lagi sakit, terus dosen pembimbingnya suka genit ke dia. Satu lagi, dia lagi PMS."

"Anjis Anggita, kamu bisa nebak itu semua, hanya dari sekali lirik?" Tanya saya, terkejut.

"Ya iyalah," dia jawab. "Keliatan jelas dari ekspresinya."

Oke itu memang agak dilebih-lebihkan dari kejadian aslinya, tapi gak jauh-jauh amat kok. Itulah 'keanehan' yang dimiliki wanita. Jika SBTB digunakan untuk hal-hal yang tepat, maka efeknya akan mantap, tapi jika digunakan untuk suatu 'kejahatan', maka akan sangat menakutkan cees.

Pengalaman pertama saya mendapatkan SBTB dari wanita terjadi saat masih SMA. Saya duduk bersebelahan dengan seseorang yang terbilang asing. Kami sempat bertukar senyum, dan keesokan harinya, gosip bertebaran. Cewek-cewek di kelas menganggap saya lagi PDKTan dengan dia. Apa penyebabnya? SBTB coy! Bagi mereka, memberi sebuah senyuman adalah deklarasi kasih sayang. Sedangkan menurut saya, itu hanyalah sekedar senyum. Membingungkan. Fuck.

Satu hal yang perlu diketahui tentang laki-laki adalah: kami makhluk yang sangat simple. Itu artinya, apa yang wanita lihat dari kami, itulah yang benar-benar terjadi. Kami bodoh dalam hal membaca pikiran, terutama pikiran wanita. Itulah mengapa, jika kalian (wanita) marah dengan alasan yang kurang jelas, itu sangat tidak adil. Wanita selalu bilang "Gak peka", tapi yang jadi masalah, kita bukannya gak peka, kita hanya kurang paham membaca situasi. Kita selalu berasumsi bahwa jalan pikiran wanita itu sama dengan pria. Makanya, kita selalu salah di hadapan wanita.

Setelah mendengar kisah miris Yogi, saya dan kawan-kawan lain menyimpulkan, bahwa satu hal yang kami mau dari wanita adalah: bicarakan apa yang sebenarnya terjadi, jangan membuat kami menebak-nebak layaknya peserta kuis Family 100. Seperti yang dikatakan teman saya, Martha, "Kita ini manusia. Kita seharusnya berbicara menggunakan mulut, bukan telepati."

Tah kitu cees. Jangan kebanyakan main kuis-kuisan, dosa. Bicaralah yang jelas ke pacar/gebetan/suami seperti manusia normal lainnya.

53 Kritik Jahat

jiaahahahahahahah... mungkin gini mas, kaliii ya... , mau ngomongin takut situ bakal bilang... ya ampun gue kira apaan... Gak penting banget...
Trus dia jadi tambah marah... situ...teteup bingung salah situ apaaaa... :)))))

Aku ngakak bacanya euy. Kayaknya aku juga termasuk cewek yang suka SBTB. Hahahaha. Tobat ah ayeuna mah, ga nyangka geuningan SBTB sampe segitu efeknya wkwkwkw

Jangan tobat, pertahankan saja Lulu. Kali aja nanti nemu cowok yang sama-sama SBTB. Nanti kalian bisa jadi pasangan Telepati.

Wakakkakaka emang cowok gak peka, iyakkk banget sya sering banget tuh pake ilmu SBTB ke suami kalo lagi baper dan sukses bikin doi kebingungan, kamu kenapa sayang bla bla bla bingung deh trus lanjutin mewek aja biar doi tambah cemas dan bingung wakakkakaka

Haha teh Wuri jahat. Ke suaminya aja tega melakukan itu, apalagi ke saya?!

eh, tapi kalo diomongin juga belum tentu ngerti lho. Tak kasih tahu ya, omongan cewek tu multi tafsir. Ngomong A, tapi artinya bisa C, D, dan E. So, siap-siap ya he he he

kode nih kode, berarti harus saling mengenal karakter masing2 dan mengerti apa yang disampaikan walau dalam diam

Ampun mbak Rahayu, ampuuun..

Asiikk. Mbak Mira berdiplomasi hehe.

Mungkin ya mungkin saja...ada jenis orang yang langsung to the point ke akar permasalahan...dia blak blakan dan terbuka ketika bercerita. Ada jenis orang yang agak kesulitan mengungkapkan isi hati...jadinya mbulet...penuh basa-basi...ingin orang lain menebak2 isi pikirannya...nah ini.

Klo saya aslinya gak suka basa-basi. Klo suka ini ya bilang suka..egak ya bilang egak... gak perlu ksh kode2 yg bikin orang bingung...

Whaha bener banget itu juga sering saya rasakan dari perempuan. kalau ada masalah dia gak suka cerita malah mikir cowok nya mikir dan peka. Bener tuh gan kaya kuis super family 100 :D survey menunjukan 8 dari 10 wanita mempunyai sifat seperti itu :Dhaha

Bagus! Arinta adalah tipe wanita idaman haha.

Cieeee kang Effendi punya perempuan :-t

Itu cowoknya kurang ilmu, seharusnya sebelum PDKT dengan cewek kalian harus belajar ilmu ini nih : ilmu membaca kata hati dan ilmu mengerti perasaan. LOL.

Tapi biayanya mahal loh, jadi hanya orang-orang tertentu yang bisa lulus dengan predikat kumlut. *serius, yg ini cuma bercanda :)

Haha justru itu mbak, jangankan kumlut, dapet IPK 1.8 aja kayanya susah, kalo menyangkut ilmu ini :p

Aku juga SBTB banget deh kayanya, tapi kalau ada cowo yang senyum ke cewe memang akan mengundang ke ke-baper-an tingkat tinggi mas hihih

jadi saling ada chemistry dan kontak batin gitu ya xixixiix

Haha iya mungkin juga sih...

Hehe, iya Teh Nita. Punya Telepati kali yah cewek mah..

Ini kayaknya perlu latihan ya mas, Hahaha
soalnya kadang cew tu sulit ditebak..

Haha, perlu latihan ini kakak :D
Bersyukurlah cewek nggak perlu bicara untuk dimengerti, karena karena kalau udah panjang lebar ngomongnya, ini namanya ngomel, sekali lagi ngomel. Jadi syuurin aja ya, bisa maen quiz gratis. Lagian percaya deh, kalau cowok bisa nebak dikit aja, ntar cewek bakal bilang: ah, kamulah yang paling mengerti aku.

Oya, selain SBTB masih ada Seni Melihat Tanpa Melihat, karena cewek bisa tau ada diskon, tanpa perlu melihat :D :D

Ini bukan pengalaman pribadi ya, ini karena cewek punya seni mengenal cewek tanpa perlu kenalan

www.bulirjeruk.com

cieee..mas sony, kalah sm mas fendi :D wuakaka
mana perempuan mas sony? :D

ehmm..bener sih wanita itu suka bilang "gak peka" ke cwoknya. aku jg berada di level demikian, kdng suka sebel sm sih doi 'kamu kok gak peka sih' ih sih doi malah ngebales 'ya bagus lah gak peka, ntr klo peka gimana coba mau dngerin isi hati kamu'?? :D saya lgsg TERHARUU.. :D hahaha

Baca ini pun gue baper.. apalah si agia ini,
folbek dong bro :p

banyak meme antara wanita dan laki-laki yang membahas kepekaan melalui kata-kata, itu kadang benar adanya lho

Mana ada cewek baper, Teh. Yang ada mah: Cewek bikin baper.

Ecieeeee......
Teh Rahayu punya si doi....

Saya gak punya...

Iya, perlu latihan.

Latihan bunuh diri...

Edasss...

Seni Melihat Tanpa Melihat? Dengernya aja udah serem setengah mati..

Iya, mbak. Saya setuju, emang bener sih...

Oiya, meme itu apa, mbak?

terkadang memang kebanyakan laki-laki memilih diam tentang perasaan ya mas, jadi membuat wanita harap2 cemas dan akhirnya jadi salah faham deh...
q dulu termasuk wanita SBTB gak ya...hehehe

Haha Hati-hati mbak. Jauhi sindrom ini.

hehe..iyya mas. tenang mas sekarang udah berkeluarga jadi gak gtyu deh..hihihihihi

Ya Allah.... cowoknya di gambar itu cute yak.... *_* ga ada ototnya sih, tapi lumayan lah.. eh tapi kayaknya kuntet... :/

So eniwei... gue blom pernah SBTB SBTB-an...
kalo ada yg gw ga suka, ya tinggal ngmong aja..
g prlu main tebak2an... bikin masalah lama selesainya..yg ada malah kesel sndiri nanti..

Cewek mah gitu penuh dengan kode morse, dikit-dikit kasih isyarat gak jelas. Kita sebagai cowok mana tau kalau gak dibilangin langsung. Bukannya kami tidak peka, tapi ayolah bicarakan dengan baik-baik maksud kalian. dan sesuai dengan quote terakhir saya setuju banget nih "Kita ini manusia. Kita seharusnya berbicara menggunakan mulut, bukan telepati."

Wiiihh... Ran emang keren! Mantap.

Haha kang Bimo sering jadi korban ya? Fantastis...

Banyak benernya juga ini postingan, btw salam kenal dan thanks udah mampir di blog saya www.ihansunrise.com

Alhamdulilah kalau untuk perempuan sih ada :) ya walaupun belum sah dan di resmikan sih :D hhaa

Syukurlah kalau sudah paham cowo selalu salah & cewe selalu benar2 hahahaa... Tapi sebenarnya perempuan itu ngerti kok kalau ngrajuk diem aja itu salah, tapi can't help it. Udah hormonnya kali ya?

cewek mah hobi banget melakukan SBTB =D

Sebetulnya sih perempuan juga sama aja kaya laki-laki, ada yang "simple". Tapi laki-laki ribet juga ada :p Lebih ke kepribadian sih menurutku, bukan soal masalah gender. Biasanya aku kalau ada apa-apa langsung bilang. Tapi kalau gak ngerti juga... aku pundung, hahahaha :D

Hobi? Wadaw serem amat..

ya ampun Agia kayanya ada pengalaman dalem banget nih sama wanita, aku mampir ke bebera pa postingannya berasa ada pesan khusus untuk makhluk simple nan istimewa manita hehe, memang perlu banget menguasai bahasa tubuh wanita biar dianggap peka haha, jadi gak ngomong pun ketauan apa yg diingini

Hehe gak juga, teh. Ini cuman hipotesis kecil-kecilan.

Hehe hipotesis yang sangat menarik. Bener juga sih kata kamu. Lah kok bisa pundung?

PS: Sad? ciee sad...

Hehe iya juga sih, mbak. Thanks for visiting anyway =D

laki-laki betul mahluk simpel, kadang suka gak melihat hal-hal yang jelas menurutnya, nah kejelasnya itu masih suka tabrakan antara persepsi perempuan dan laki-laki. hahahaha

Hehehe kak Mira bukannya udah pernah komen kan di postingan ini? Thanks, anyway.

Blogku adalah kebebasanmu. Dipersilakan kepada para agen judi untuk berkomentar sebebas-bebasnya.
EmoticonEmoticon